Langsung ke konten utama

"KAWANMU", Koperasi Pengabdian Pada Guru

Koperasi sebagai badan usaha dapat melaksanakan kegiatan di segala bidang kehidupan ekonomi, namun harus tetap memperhatikan bahwa usaha tersebut adalah usaha yang berkaitan dengan kepentingan para anggotanya. Dalam hubungan ini maka pengelolaan usaha atau pola manajemen koperasi harus dilakukan secara produktif, efektif, dan efisien dalam arti koperasi harus mampu mewujudkan pelayanan usaha yang dapat meningkatkan nilai tambah dan pencapaian sisa hasil usaha yang sehat bagi seluruh anggotanya.

A. Koperasi Sebagai Badan Usaha

Pertanyaan mengenai “apakah yang dimaksud dengan koperasi?” memiliki jawaban yang berbeda-beda dan menimbulkan diskusi-diskusi yang tak terlepas dari pengaruh-pengaruh ideologi tertentu.

Pada UU No.25 tahun 1992, koperasi didefinisikan sebagai “badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan”.

Koperasi adalah organisasi yang dibentuk untuk menjalankan usaha, hanya metode organisasionalnya berbeda dengan badan usaha nonkoperasi. Perbedaan yang disepakati adalah pada koperasi dikembangangkan prinsip identitas di mana anggota sebagai pemilik dan sekaligus sebagai pelanggan, sedangkan pada badan usaha non koperasi anggota dapat saja sebagai pemilik, tetapi ia bukan sebagai pelanggan.

Begitupun dengan Koperasi “KAWANMU” yang beranggotakan Guru dan karyawan SMA Muhammadiyah Wonosobo merupakan badan usaha koperasi yang didirikan untuk melayani  dan memenuhi kebutuhan setiap anggotanya yang berlandaskan atas asas kebersamaan dan kekeluargaan.

Koperasi “KAWANMU” telah menjadi badan hukum resmi dengan pengesahan Badan Hukum : 1125/BH/VI/12-1-1990 yang telah berdiri sejak tahun 1990 dan terus memberikan pelayanan prima bagi para anggotanya yakni Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah Wonosobo.

B. Tujuan dan Nilai Koperasi

Peningkatan efisiensi koperasi perlu dilakukan setiap saat, sehingga laju pertumbuhan efisiensi koperasi tidak kalah jauh dengan laju pertumbuhan efisiensi badan usaha lainnya. Persoalannya adalah bagaimana efisiensi koperasi mampu menyesuaikan diri dengan era efisiensi nasional yang banyak didominasi oleh badan usaha lain yang lebih menarik perhatian masyarakat di era sekarang?

Pertanyaan ini menjadi tanda tanya besar yang sulit untuk dijawab sampai saat ini sebab disadari atau tidak pengaruh koperasi terhadap pembagunan nasional sampai saat ini masih sangat rendah.

Atas pertanyaan tersebut, Koperasi “KAWANMU” mencoba ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan ekonomi nasional dengan turut andil dalam meningkatkan nilai dan sendi ekonomi rakyat yang khusunya ditunjukkan lewat pelayanan simpan dan pinjam bagi para Guru dan Karyawan di lingkungan SMA Muhammadiyah Wonosobo.

C. Teori Laba dan Pencapaian Keuntungan Badan Hukum Koperasi

Tidak dipungkiri sebagai suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi kerakyatan, Badan usaha koperasi juga membutuhkan keuntungan atau laba sebagai tolak ukur keberhasilan dari organisasinya tersebut. Seperti yang dijelaskan terdahulu, koperasi sebagai organisai berwatak sosial, pada dasarnya mempunyai dua jenis orientasi, yakni service oriented dan profit oriented. Service oriented ditujukan kepada anggota dan Profit oriented ditujukan kepada non anggota. Jika koperasi bertransaksi dengan non anggota maka ia harus bertindak sebagaimana perusahaan individual yang menjual produknya ke pasar.

Service oriented yang diarahkan kepada anggota dapat berwujud harga pelayanan dan sisa hasil usaha yang didapatkannya pada akhir tahun buku. Sedangkan Profit oriented yang ditujukan kepada non anggota akan menghasilkan hasil usaha tertentu yang bermanfaat bagi pertumbuhan koperasi.

D. Kegiatan Usaha Koperasi

Kegiatan usaha koperasi adalah seluruh kegiatan yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para anggota dengan menyediakan pelayanan dan usaha yang berkaitan dengan sendi perekonomian koperasi tersebut dalam rangka mengoptimalisasi skala ekonomisnya.

Kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh Koperasi “KAWANMU” hanya berfokus pada kegiatan Simpan Pinjam. Pada usaha ini pengawas koperasi mengamati bahwa semenjak jasa diturunkan dari 1,5 menjadi 0,9 berdampak pada peningkatan jumlah anggota yang meminjam di koperasi, terlebih suku bunga pinjaman ditetapkan nilainya lebih rendah dibandingkan jasa keuangan lainnya. Selain itu koperasi saat ini juga dapat melayani pinjaman hingga Rp. 20.000.000 namun dalam kondisi dana tersebut tersedia untuk dipinjamkan. Untuk kegiatan lainnya Koperasi “KAWANMU” juga melayani simpanan THR dan Simpanan Qurban bagi anggota yang berminat dengan memperhitungkan jasanya.

E. Permodalan Koperasi

Di dalam usaha koperasi juga dikenal istilah Permodalan Koperasi dan istilah Sisa Hasil Usaha sebagai pendapatan atas hasil kegiatan usaha koperasi selama satu tahun.
Pada Koperasi “KAWANMU”, Permodalan Koperasi terdiri atas:

Modal Sendiri
Modal sendiri dipungut dari masing-masing anggota dalam bentuk Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, Simpanan Sukarela, Simpanan Pemupukan Modal, Simpanan THR, Simpanan Qurban dan Simpanan SWK.

Modal Pinjaman
Dana pinjaman dari pihak ketiga seperti Bank dan dana dari Induk Koperasi Sedangkan Sisa Hasil Usaha (SHU) merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi biaya, penyusutan dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan.

F. Sisa Hasil Usaha

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya SHU merupakan selisih seluruh penerimaan atau pemasukan total dengan biaya-biaya atau biaya total dalam satu tahun buku.
Koperasi “KAWANMU” melaporkan Sisa Hasil Usaha setiap tahun dalam Rapat Anggota Tahunan yang biasa diselenggarakan di bulan-bulan awal tahun berikutnya.
Berikut Laporan Perhitungan SHU Koperasi “KAWANMU” untuk tahun 2014 (dalam Rupiah) yang disajikan dalam tabel dibawah ini

KOMPONEN
REALISASI TAHUN 2014
RENCANA TAHUN 2014
REALISASI TAHUN 2013
PENDAPATAN



1. Pendapatan Jasa Piutang
47.649.600
50.000.000
40.973.700
2. Pendapatan Lain-lain
-
-
115.000
Total Pendapatan
47.649.600
50.000.000
40.973.700
PENGELUARAN



1. Biaya Organisasi:



a. Honor Pemotong Gaji
300.000
300.000
300.000
b.Honor Pengurus (3 pengurus, 1 pembina)
2.160.000
2.160.000
2.160.000
c. Honor Pengawas
1.260.000
1.260.000
1.260.000
2. Biaya Administrasi Kantor
300.000
350.000
300.000
3. Biaya Rapat / Lembur
200.000
200.000
200.000
4. Biaya Penyisihan:



a. Foto Copy Brosur RAT
326.250
326.250
337.500
b. Konsumsi Pelaksanaan RAT
2.175.000
2.175.000
2.250.000
c. Uang duduk Ikut RAT
8.265.000
8.265.000
8.100.000
Total Pengeluaran
14.986.250
15.036.250
14.907.500
Sisa Hasil Usaha (SHU)
32.663.350
34.963.750
26.181.200

Diketahui Sisa Hasil Usaha ditahun 2014 sebesar Rp. 32.663.350

Menurut UU No.25/1992 pasal 5 ayat 1 mengatakan bahwa “Pembagian SHU kepada Anggota dilakukan tidak semata-mata berdasarkan modal yang dimiliki seseorang dalam koperasi, tetapi juga berdasarkan perimbangan jasa usaha anggota terhadap koperasi. Ketentuan ini merupakan perwujudan kekeluargaan dan keadilan”. Koperasi “KAWANMU” menetapkan besarnya proporsi untuk setiap cadangan berdasarkan AD/ART yang telah disepakati dalam rapat anggota dengan rincian sebagai berikut

Perincian Pembagian SHU Tahun Buku 2014 (dalam Rupiah)

Untuk Cadangan Modal Koperasi
20%
 6.532.680
Untuk Anggota Berjasa
30%
 9.799.000
Untuk Anggota Penyimpan
30%
 9.799.000
Untuk Dana Pengurus dan Pengawas
15%
 4.899.500
Untuk Dana Pendidikan Koperasi
1,5%
 489.950
Untuk Dana Sosial
1,5%
489.950
Untuk Dana Pengembangan Koperasi
2%
653.270
Total
100%
 32.663.350



G. Pola Manajemen Koperasi

Manajemen koperasi melibatkan 4 unsur yaitu: Anggota, Pengurus, Manager, dan Karyawan

Susunan Manajemen Koperasi “KAWANMU”

Bidang Organisasi

Susunan Pengurus koperasi periode 2014 -2016
Ketua            : Kastari, S.Pd.
Sekertaris     : Drs. Supriyanto
Bendahara    : Dra. Roipah

Susunan Pengawas koperasi periode 2014-2016
Ketua            : Dra. Rahayu Fitriningrum, M.Si.
Anggota        : Dra. Hj. Elly Kartina
Anggota        : Nur Sahid, S.Pd.

Bidang Administrasi

  • Melestarikan pemakaian akuntansi berbasis teknologi dan informasi dalam pencatatan dan pembukuan koperasi yang dilakukan oleh sekertaris.
  • Melestarikan buku bantu pencatatan secara manual yang dilakukan oleh bendahara dengan maksud untuk mengantisipasi kesalahan pembukuan dan untuk cross check antara pencatatan yang dilakukan oleh sekertaris dan bendahara. Sehingga pada akhir tahun pembukuan akan mempercepat proses penyusunan laporan RAT.
  • Setiap 4 bulan sekali, bendahara koperasi minta kepada pengawas koperasi untuk mengecek transaksi dan keuangan antara catatan dengan realitas uangnya.
  • Melaksanakan rapat informal untuk membahas isu-isu dan permasalahan yang dihadapi koperasi dalam melayani kebutuhan para anggotanya.


Bidang Pelayanan kepada Anggota

  • Meningkatkan peran koperasi dalam membantu mensejahterakan para anggotanya dan meminimalkan anggota supaya tidak meminjam di luar, maka koperasi masih melanjutkan keputusan RAT tahun yang lalu yaitu: jasa piutang diturunkan dari semula 1,5% menjadi 0,9%, sedangkan SWK 2% dan RK 1%.
  • Pemberian piutang saat ini bisa mencapai 20 juta per anggota tergantung kondisi keuangan koperasi dan kemampuan mengangsur dari anggota.
  • Penguluran jangka waktu angsuran dari semula 20 kali menjadi 30 kali
  • Menaikan uang duduk dari Rp. 90.000,- menjadi Rp.95.000,-
  • Koperasi berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada uang tunai yang mengendap di bendahara, artinya setiap ada uang tunai dan ada anggota yang akan meminjam, maka pihak koperasi akan sesegera mungkin merealisasikannya.
  • Melanjutkan keputusan RAT tahun yang lalu, yaitu koperasi tidak memberikan pelayanan "Sebrakan".
  • Melanjutkan program simpanan THR bagi semua anggota koperasi yaitu minimal Rp. 10.000,- per bulan yang langsung di potong melalui potongan gaji. Adapun realisasi besarnya THR dari para anggota bervariasi (sesuai permintaan anggota) yaitu: terendah Rp. 10.000,- dan tertinggi Rp. 250.000,-.
  • Melanjutkan program simpanan Qurban bagi anggota yang menginginkannya. Saat ini tercatat ada 19 anggota yang ikut.


Bidang Keuangan
  • Menghitung besarnya SHU.
  • Menghitung total pendapatan.
  • Menghitung sisa piutang.
  • Menghitung total pengeluaran.


Kesimpulan

Setiap badan usaha pasti memiliki tujuan dalam kegiatan usahanya begitu pun dengan badan usaha koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan kepentingan perekonomian para anggotanya. Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut perlu adanya pihak-pihak yang mengatur dan mengelola setiap jalannya kegiatan usaha atau dikenal dengan pola manajemen organisasi yang tepat agar tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai sesuai dengan harapan dan tujuan koperasi. Sama halnya dengan Koperasi “KAWANMU” yang berusaha untuk menyediakan pelayanan kepada para anggotanya dalam kegiatan simpan pinjam dimana dari kegiatan usaha koperasi tersebut diperoleh hasil keuntungan atau selisih dari jumlah penerimaan atas usaha dengan jumlah pengeluaran yang biasa dikenal dengan istilah SHU yang kemudian dibagikan kembali kepada para anggota di setiap Rapat Anggota Tahunan (RAT) atas hasil jasa dan partisipasinya selama satu tahun kegiatan usaha.


Sumber dan Referensi

Hendar dan Kusnadi, 1999. Ekonomi Koperasi untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Lembaga Penerbit FE-UI

Praptoutomo, Supriyanto.____, Laporan RAT Koperasi Simpan Pinjam 2014, [pdf], (http://www.academia.edu/10135347/Laporan_RAT_Koperasi_Simpan_Pinjam_2014, diakses tanggal 09 November 2015)





Komentar

  1. Penguji: Farah Agungs
    Addres: Jakarta Indonesia
    farahagungs@gmail.com
    BRI: 1460-01-337001-855
    Pinjaman: Rp150.000.000
    Hubungi: +628246924547

    Nama saya Farah Agungs dari Jakarta. Saya menggunakan media ini untuk memberikan kesaksian atas hasil kerja yang baik dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dalam hidup saya. Poin terakhir saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan mengirim saya makanan untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai hari ini.

    Saya melihat seseorang yang bersaksi tentang kredit di Facebook Amalia Amangkurat dengan email amaliaanmangkurat@gmail.com dan Zulaikha Yugesh email zulaikhayugesh@gmail.com jadi saya melamar, RIKA ANDERSON LOAN COMPANY: Whatsapp +19147057484 memberi saya pinjaman Rp150.000.000 dan mentransfernya langsung ke rekening bank BRI saya baru-baru ini. Saya hanya bisa memberikan kesaksian online karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan, dan dengan suku bunga rendah.

    Jangan buang waktu lagi untuk melunasi hutang dan tagihan Anda dengan bantuan RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Anda dapat bergabung dengan ibu melalui rikaandersonloancompany@gmail.com, dia adalah ibu yang baik dan berbudi luhur, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda dapat menghubungi saya melalui farahagungs@gmail.com.

    CEO PERUSAHAAN RIKA ANDERSON PINJAMAN
    Hubungi / Whatsapp +19147057484
    Email PERUSAHAAN: rikaandersonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  2. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +19147057484

    Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada PERUSAHAAN PINJAMAN ANDERSON
    karena memberi saya pinjaman $ 900.000.
    Nama saya Ayu Amangku dan emailnya ayuamangku@gmail.com, saya dari Jl.peninggaran Timur 009, RT 003/011, No 21 A Jakarta Indonesia.

    Saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit nol dan sangat membantu keuangan rumah, tetapi semua menolak saya karena peringkat kredit tinggi dan peringkat kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di blog yang berbeda dari Maria fadhlan mariafadhlan@gmail.com, Pusptan Ismaya puspitanismaya@gmail.com dan Nabilah ashraff nabilahashraff@gmail.com. Saya menghubungi penasihat kredit Rika Anderson melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Whatsapp: +19147057484 dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada 28 Februari 2019.

    Kemudian saya menyadari bahwa Tidak semua perusahaan pemberi pinjaman blog benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki usaha bisnis yang baik, saya tidak dapat menyimpannya untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian saya tentang perubahan hidup . Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui, atau melalui Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

    BalasHapus
  3. blog pada komentar komentar pinjaman. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  4. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Kemiskinan, Penyebab, Dampak dan Solusi Mengatasi Kemiskinan

Pengertian Kemiskinan dan Garis Kemiskinan Kemiskinan  secara etimologis berasal dari kata “miskin” yang artinya tidak berharta benda dan serba kekurangan. Departemen Sosial dan Biro Pusat Statistik, mendefinisikan sebagai ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar minimal untuk hidup layak (BPS dan Depsos, 2002). Dalam konteks politik, John Friedman mendefinisikan kemiskinan sebagai suatu ketidaksamaan kesempatan dalam mengakumulasikan basis kekuatan sosial. Frank Ellis (dalam Suharto, 2005) menyatakan bahwa kemiskinan memiliki berbagai dimensi yang menyangkut aspek ekonomi, politik dan sosial-psikologis. Orang disebut miskin jika dalam kadar tertentu sumber daya ekonomi yang mereka miliki di bawah target atau patokan yang telah ditentukan. Yang dimaksud dengan kemiskinan sosial adalah kurangnya jaringan sosial dan struktur sosial yang mendukung orang untuk mendapatkan kesempatan - kesempatan agar produktivitasnya meningkat. Dapat juga dikatakan bahwa kemiskinan s

Inflasi dan Investasi

Pengertian Inflasi Kenaikan harga barang dapat bersifat sementara atau berlangsung terus-menerus. Ketika kenaikan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dan terjadi hampir pada seluruh barang dan jasa maka gejala ini disebut inflasi. Jadi, kenaikan harga pada satu atau dua jenis barang tidak dapat dikategorikan sebagai inflasi. Dengan demikian, inflasi (inflation) adalah kenaikan harga barang-barang yang bersifat umum dan terus-menerus. Lawan dari inflasi adalah deflasi (deflation), yaitu kondisi di mana tingkat harga mengalami penurunan terus-menerus. Dampak Inflasi Inflasi tidak selalu memiliki dampak yang negatif. Di balik banyak nya dampak negative dari inflasi terdapat dampak-dampak positif yang ditimbulkan oleh inflasi itu sendiri antara lain: Peredaran / perputaran barang lebih cepat. Produksi barang-barang bertambah. Hal ini terjadi karena keuntungan pengusaha yang terus bertambah karena terjadinya inflasi. Kesempatan kerja bertambah. Lapan

Etika dalam Auditing, KAP, dan Perkembangan Etika Bisnis

Etika Dalam Auditing   Etika Etika (Etimologi), etika itu berasal dari bahasa Yunani: “ethos”, berarti “watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom)”. Etika tersebut berkaitan erat dengan adanya perkataan moral yang merupakan adat kebisaan atau juga cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), serta menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Auditing Auditing merupakan suatu proses yang sistematis untuk memperoleh dan menilai bukti-bukti secara objektif yang berkaitan dengan asersi-asersi tentang tindakan-tindakan dan kejadian-kejadian ekonomi untuk menentukan tingkat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Etika Auditing adalah suatu sikap dan perilaku mentatati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu proses yang sistematis untuk memperoleh dan menilai bukti-bukti secara objektif, yang berkaitan dengan asersi-asersi te