Pengertian
Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
Perusahaan
Adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas
pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang
dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan upaya lain dengan
tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu
unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi
produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber
ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Contoh : Perusahaan Gas Negara, Perusahaan MNC
(Multinational Corporation), Perusahaan Jasa seperti PT. Jalur Nugraha
Ekakurir (JNE), dan Perusahaan Manufaktur.
Lingkungan Perusahaan
Lingkungan
Perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang
mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti
lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu,
perusahaan dan masyarakat.
Perusahaan
dan Lembaga Sosial serta Perbedaannya
Secara umum tujuan
pendirian perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 tujuan yaitu tujuan ekonomis dan
tujuan sosial. Tujuan ekonomis merupakan upaya perusahaan untuk mempertahakan
kehidupannya. Sedangkan untuk tujuan sosial, perusahaan diharapkan untuk memperhatikan
keinginan investor, karyawan, penyedia faktor produksi maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan perusahaan tersebut saling mendukung, untuk mencapai tujuan utama
perusahaan tersebut yaitu memberikan kepuasan pada konsumen ataupun pelanggan. Walaupun
demikian keuntungan bukanlah satu – satunya tujuan perusahaan, tetapi tujuan
lainnya hanya agar tetap berkembang dan tetap menghasilkan keuntungan. Lain hal
nya dengan lembaga pemerintah dan lembaga sosial yang lebih berarah kepada
kehidupan sosial / kepentingan masyarakat umum misalnya seperti : panti asuhan,
rumah sakit dan lain – lain.
Dengan
demikian inilah perbedaan antara perusahaan dan lembaga sosial , terletak pada
penekanan/prioritas perusahaan pada laba , kelangsungan hidup , tanggung jawab
sosial. sedangkan lembaga sosial lebih kepada kepentingan umum dan laba
bukanlah sebagai tolak ukur keberhasilannya sedangkan perusahaan menjadikan
laba sebagai tolak ukur keberhasilannya.
Contoh Perbedaan
diantaranya adalah : Orientasi Bisnis, Sistem Pembagian Hasil Usaha, Pandangan
terhadap laba / keuntungan, Tanggung Jawab dan Undang-Undang yang mengaturnya.
Letak
dan Tempat Kedudukan Perusahaan Serta Perbedaannya
Pemilihan tempat dan letak
perusahaan, faktor penting untuk menjamin tercapainya:
- Tujuan perusahaan
- Efisiensi perusahaan
- Daerah pemasaran produk
- Pindah tempat : tidak ekonomis dan peraturan pemerintah
Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor pusat perusahaan
tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga
lainnya.
Letak Perusahaan
Adalah tempat perusahaan melakukan
kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh faktor ekonomi, untuk efisiensi
yang berkaitan dengan biaya.
Contoh : PT. Tirta Investama (Danone Aqua) bertempat di pusat kota yakni Jakarta, sedangkan letak
kantor cabang berserta tempat produksinya berada di beberapa daerah di
indonesia, seperti di Sukabumi dan Klaten.
Jenis-Jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu :
Terikat pada alam, Pada umumnya karena tersediaan dan kemudahan bahan baku.
Contoh : Perusahaan timah, emas,
minyak bumi.
Terikat sejarah, Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah.
Terikat sejarah, Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah.
Contoh : Perusahaan batik,
pekalongan.
Ditetapkan oleh pemerintah, Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
Contoh : Perusahaan kimia, limbah
dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, Yang bersifat industri adalah : ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.
Referensi:
Komentar
Posting Komentar